Pasar Lesu, Camry Tetap Jadi Pilihan Utama

Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut sedan medium Toyota Camry dalam 10 tahun terakhir senantiasa menjadi market leader dengan pangsa pasar rata-rata 55 persen. Bahkan pada saat pasar menurun, sedan ini masih menjadi pilihan konsumen.

"Rata-rata penjualan sedan ini 2.700 unit sejak diluncurkan 2006 lalu," tutur Public Relation Manager PT TAM, Rouli Sijabat, di Golf Royale Jakarta Golf Club Halim, Jakarta, Selasa (7/5/2015).


Bahkan, kata Rouli, pada saat pasar otomotif nasional menurun pada 2014 lalu, penjualan Camry memang menurun, yakni hanya 1.600 unit. Namun, pangsa pasar sedan ini justru meningkat menjadi 59 persen.


"Mengapa seperti itu, karena di saat pasar menciut, semua brand (sedan medium) menurun. Tapi di saat seperti itu, Camry ternyata masih menjadi pilihan utama konsumen, terbukti naiknya market share itu," ucap Rouli.


Menurutnya, ada sejumlah alasan yang menjadikan Camry tetap dipilih selain citra merek yang kuat. Keunggulan itu adalah, keunggulan fitur dan positioning produk yang tepat.


"Mobil ini diposikan sebagai kendaraan para profesional yang dinamis, mapan, dan penuh gaya," paparnya.


Sebagai simbol dari positioning itu salah satunya adalah dengan menggelar turnamen golf.


"Golf adalah olah raga kalangan profesional yang dimaksud," kata Rouli.


Bukti lain Camry sebagai pilihan utama konsumen adalah di saat pasar otomatif masih cukup moncer, pada 2008 lalu, Camry terjual 3.000 unit.


Pada saat itu sedan ini berhasil menggenggam pangsa pasar 57 persen lebih. Bahkan, saat versi terbaru Camry diluncurkan. Pemesanan langsung membludak. Jumlahnya diperkirakan melebihi dari perkiraan semula.


"Kami belum bisa sebutkan volumenya, tapi yang pasti, masih lebih banyak dari brand lain," kata Rouli.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com






http://ift.tt/eA8V8J

Tinggalkan Komentar: