Ban Tanpa Udara Cocok di Jalanan Indonesia yang Berlubang

Karawang - Sudah tidak perlu disebut lagi soal kualitas jalanan di Indonesia jika dibandingkan dengan jalan di luar negeri. Banyaknya lubang dan jalanan yang rusak kerap kali membuat ban kendaraan cepat rusak.

Saat menghantam lubang atau melalui medan jalan yang rusak, ban kendaraan yang terbuat dari karet dan membutuhkan udara sering bocor. Namun, kondisi itu tampaknya tidak akan dihadapi lagi jika Bridgestone serius memproduksi ban tanpa udara yang disebut Air Free Concept (Non- Pneumatic) Tyre.


Konsep ban tanpa udara ini memiliki struktur yang unik dengan jari-jari yang membentang sepanjang sisi dalam ban. Struktur tersebut mampu menahan beban kendaraan tanpa perlu mengisinya dengan udara.



Struktur jari-jari itu terbuat dari bahan resin termoplastik dan karet. Jadi jari-jari ban bisa elastis dan mengikuti permukaan jalan. Ban tanpa udara tersebut dianggap sangat cocok dengan medan jalan di Indonesia.


"Sebenarnya ban itu sangat cocok di Indonesia dengan kondisi jalan yang rusak," kata Departement Manager Technical Service Departement PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) Deni Arief Pribadi kepada detikOto.



Sebab, kata Deni, di Indonesia sering ditemukan jalan yang rusak dan menyebabkan ban cepat rusak juga. Dengan ban tanpa angin itu, pemiliknya tidak lagi repot merawat ban.


"Dengan jalan rusak itu enggak perlu perawatan. Biasanya kalau pakai angin kan anginnya suka berkurang kalau kena lubang," katanya.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com






http://ift.tt/1EtxGad

Tinggalkan Komentar: