Viar Jelajahi Entikong, Perbatasan RI-Malaysia

Sanggau - Pintu perbatasan Republik Indonesia dan negri jiran Malaysia di Entikong menjadi raihan berikutnya dalam agenda perjalanan etape 3 VIAR Jelajah Indonesia (VJI) di pulau Kalimantan.

Hasil ini sekaligus jadi medan tes lanjutan setelah sebelumnya melintasi tipe trek yang bervariasi mulai dari perbatasan wilayah/provinsi di jalur Nanga Tayap-Tayan yang mulus hingga masuk ke Pontianak dan Singkawang yang cukup sibuk hingga bertolak masuk ke wilayah Sanggau, Sekadau hingga masuk ke Entikong.


Wilayah Sanggau sendiri dikenal memiliki jalan yang belum begitu baik dengan banyaknya lubang dan minimnya aspal mulus.


Kota Sanggau berada di wilayah provinsi Kalimantan Barat dengan populasi hingga mencapai 372.000-an jiwa.


Ada yang menarik saat hendak memasuki kota Sanggau, di jalur utama yang ramah bagi kendaraan offroad tersebut berdiri sebuah rumah betang bernama rumah betang Dori' Mpulor, posisinya persis berada di pinggir jalan dan bisa diakses bebas dan menjadi spot cantik untuk sekedar berfoto.


Berikutnya adalah perbatasan dua negara yang berada di Entikong. Secara visual sebenarnya wilayah ini bukan menjadi wilayah yang makmur bagi negri bumi pertiwi meski jalurnya dijadikan jalur perbatasan umum internasional.


Berbeda dengan perbatasan Jagoi Babang dan desa Serikin (Malaysia) yang hidup secara ekonomi serta perbatasan Badau yang dekat dengan kerumunan, wilayah Entikong punya catatan kehidupan yang tidak memihak kesejahteraan bagi penduduknya.


Semoga ke depan terus berkembang menjadi wilayah yang apik dan bisa dibanggakan di sebuah perbatasan.


Ikuti juga petualangan Viar Jelajah Indonesia di sini







http://ift.tt/eA8V8J

Tinggalkan Komentar: