Menjelajahi Kota Manis Pangkalanbun

Pangkalanbun - Salah satu kota yang menjadi persinggahan tim VIAR Jelajah Indonesia di etape 3 (Kalimantan-Sulawesi-Papua) adalah kota Pangkalanbun. Kota ini berada di bawah payung provinsi Kalimantan Tengah dan menjadi salah satu kota yang sibuk dalam hal aktivitas industri dan perdagangan.

Nama kota ini datang karena memiliki pelabuhan (disebut 'pangkalan') yang berada di tepi sungai Buun, jadilah Pangkalanbuun atau Pangkalanbun.


Kini kota ini telah terhubung dengan kota di sekelilingnya seperti Sampit, Ketapang dan Pontianak oleh keberadaan jalan trans Kalimantan.


Kondisi jalan disini secara umum sudah baik dan sudah bisa memangkas banyak waktu perjalanan, sebelumnya jalur di sini terbilang buruk dan bisa menjebak pejalan dalam waktu yang lama.


Dari sisi kepariwisataan Pangkalanbun bisa berbangga hati karena menjadi salah satu penyedia rumah alam bagi satwa terancam punah yaitu orangutan.


Bersama tetangganya di Balikpapan yang punya Samboja Lestari, Pangkalanbun memiliki Taman Nasional Tanjung Puting.


Di sinilah satwa orangutan direhabilitasi, diberi kekuatan untuk kembali liar hingga siap dibebaskan lagi di alam bebas, tentunya dengan kontrol yang lebih ketat mengingat musuh mereka yang paling berbahaya justru datang dari kaum yang disebut modern yaitu manusia.


Setelah di Pangkalanbun tim VJI akan bergerak turun menuju Palangkaraya dan Banjarmasin hingga nantinya akan bertolak menuju pulau berikutnya, pulau Sulawesi.


Ikuti juga perjalanan Viar Jelajah Indonesia di link ini







http://ift.tt/eA8V8J

Tinggalkan Komentar: